Sabtu, 02 Januari 2010

file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf

file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf
file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf
file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf
file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
file:///home/computer3/Desktop/prediksi_soal-solusi_math_ipa_ips-2010.pdf Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar : Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan
Indikator :
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan
komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun
Materi Ajar : Peristiwa yang terjadi di sekolah
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, latihan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di .
sekolah
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan
ceramah dan tanya jawab,
Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui
kegiatan tanya jawab dan latihan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya
dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B Penerbit Erlangga dan Standar Isi
2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
Berikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa yang terjadi di sekolah !

Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
Indikator :
Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya
Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung
Menentukan tema cerita
Menentukan amanat yang terkandung dalam cerita
Menceritakan kembaii isi cerita dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita
pendek dengan bahasa sendiri.
Materi Ajar : Cerita pendek anak
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatatl Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mendengarkan cerita.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya melalui kegiatan tanya jawab dan ceramah.
Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip.kalimat atau paragraf yang mendukung melalui
kegiatan latihan dan penugasan.
Siswa menentukan tema cerita melalui kegiatan latihan dan penugasan
Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.
Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan
penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi cerita yang lain.

Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga dan Standar Isi 2006

Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya !
Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
Tentukan tema ceritanya !
Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !

Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memperhatikan piiihan kata dan santun berbahasa. Indikator :
Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman
Menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik.
Memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang
dikemukakan teman.
Menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.
Siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.
Persoalan faktual
Ceramah, diskusi, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatsn Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secafa bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membentuk kelompok diskusi yang terdiri atas 4-6
siswa per kelompoknya.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran. Kegiatan Inti
Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi
dan tanya jawab.
Siswa menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik melalui
kegiatan ceramah dan tanya jawab.
Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang
dikemukakan teman melalui ceramah dan tanya jawab.
Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa mengumpulkan dan menyerahkan hasil diskusi berdasarkan kelompoknya masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga dan Standar Isi
2006
Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Piiihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman !
Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik !
Coba berikan pendapat san saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan factual yang
dikemukakan teman!
Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang dikemukakan teman !

Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
tepat.
Indikator :
- Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
- Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
sesuai dengan karakter tokoh.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Materi Ajar : Drama pendek
Metode Pembelajaran : Ceramah, latihan, demontrasi
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apSrsepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan
demontrasi.
Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi
yang sesuai karakter tokoh melaiui kegiatan ceramah, iatihan, dan demontrasi.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil beiajar.
Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Beiajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, Naskah drama,
dan Standar Isi 2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai : karakter tokoh!

Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas..
Indikator :
Membaca dua teks yang bertema sama
Menjelaskan garis besar isi teks.
Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas.
Materi Ajar : Berbagai teks
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan seianjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan
Siswa menjelaskan garis besar isi teks melalui kegiatanlatihan dan penugasan.
Siswa membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan
penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakanYefleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk membandingkan dua teks sebagai umpan balik.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, Berbagai
buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Bacalah dua teks yang bertema sama!
Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca !
Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya !


Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telefon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalu membaca memindai

Indikator :
Menemukan secara cepat dan tepatlnformasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi Menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam benguk bagan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya
dengan tepat.
Mater) Ajar : Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon,
ensklopedia.
Metode Pembelajaran : tanyajawab, latihan, penugasan
LangKah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesernpatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan
tanya jawab dan penugasan.
Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan melalui
kegiatan latihan dan penugasan,
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, serta
Standar isi 2006.
Penilalan Teknlk
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi !
Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !

Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… ………………………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan mernbaca sekilas, mernbaca memindal, dan mernbaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator :
Mengiden identifikasi isi cerita anak.
Menjelaskan isi cerita anak.
Menyimpulkan isi cerita anak.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Menyimpulkan isi cerita anak
Materi Ajar . : Cerita anak
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib naslonal secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. Kegiatan Inti
Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menjelaskan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan.
Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, Teks cerita
dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay .
Instrumen
Coba identifikasi isi cerita anak !
Jelaskan isi cerita anak di atas !
Buatlah kesimpulan dari isi cerita anak !



Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana PeSaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator :
- Menulis pokok-pokok isi buku.
- Menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat.
Pembelajaran : Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Materi Ajar : Buku pengetahuan dan cerita.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan saiah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-
cerita anak. ..
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan latihan. Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan. Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam
beberapa kalimat

Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, serta
Standar Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
Tulislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!


Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Indikator :
Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) Memperbaiki
tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik.
Pembelajaran : Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
Materi Ajar : Sistematika penyusunan laporan.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkan Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru rnengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta'dilanjutkah dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. Kegiatan Inti
Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui
kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Siswa memperbaiki tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik
melalui kegiatan tanya jawab, diskusi dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan hasil laporan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, dan Standar
Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) !
Coba perbaiki tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik



Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
Indikator :
- Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman.
- Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
Pembelajaran : Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Materi Ajar : Puisi.
Metode Pembelajaran : ceramah, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan seianjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkarf dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran
Kegiatan Inti
Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat melalui kegiatan latihan dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagal pengayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit Erlangga, Naskah puisi,
dan Standar Is; 2006. Penilaian
Teknik
Tes dan nontes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Tentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat


Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………………… …………………………………..


Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
Indlkator :
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dengan runtut.
Memberikan komentaratau saran terhadap masalah atau peristiwa yang terjadi dengan alasan yang
logis dan bahasa yang santun.
Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun. :
Materi Ajar : Peristiwa yang terjadi di sekolah.
etode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan
Langkah-langkah Pembelajaran : Keglatan Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta diianjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di
sekolah.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran. ;
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan
ceramah dan tanya jawab.
Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui
kegiatan tanya jawab dan latihan. Kegiatan Akhlr
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya
dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
AI*t/Bahan/Sumber Belajar : "Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5, hal. 27-28, PT Erlangga, dan Standar Isi
2006. Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut!
Berikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa
yang terjadi di sekolah !
Mengetahui .......................................200….
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………………. ……………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 12
Alokasi VVaktu : 2X35 menit

Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
Indikator :
Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya .
Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung
Menentukan tema cerita
Menentukan amanat yang terkandung dalam cerita
Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita
pendek dengan bahasa sendiri.
Materi Ajar : Cerita pendek anak
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mendengarkan cerita.
Siswa diberikesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya melalui kegiatan tanya jawab dan ceramah.
Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung melalui
kegiatan latihan dan penugasan.
Siswa menentukan tema cerita rnelalui kegiatan latihan dan penugasan .
Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.
Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan :
penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi cerita yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, Naskah Puisi,
dan Standar Isi 2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya !
Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung ! Tentukan tema ceritanya !
Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !
Mengetahui .......................................200….
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………………. ……………………………

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelafaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 13
AlokasiWaktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain;-
drama.
Kompetensi Dasar : Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Indikator :
Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman
Menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik.
Memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang
dikemukakan teman.
Menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapamengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.
Materi Ajar : Persoalan faktual
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, latihan, penugasan .
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen.kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membentuk kelompok diskusi yang terdiri atas 4-6
siswa per kelompoknya.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembeiajaran.
Kegiatan inti
Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi
dan tanya jawab.
Siswa menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topjk melalui
kegiatan ceramah dan tanya jawab.
Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang
dikemukakan teman melalui ceramah dan tanya jawab.
Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi
dan latihan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa mengumpulkan dan menyerahkan hasil diskusi berdasarkan kelompoknya masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, dan Standar Isi
2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay instrumen
Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman I
Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik I
Coba berikan pendapat san saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan factual yang
dikemukakan teman!
Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang dikemukakan teman !

Mengetahui .......................................200….
Kepala Sekolah Guru Kelas


…………………………. ……………………………

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
tepat, Indikator :
Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Memerankan drama pendek anak-anak dsngan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
sesuai dengan karakter tokoh,
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Materl Ajar : Drama pendek
Metode Pembelajaran : Ceramah, latihan, demontrasl
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan rnenyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca teks drama pendek.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melalui kegiatan latihan dan
demontrasi. x .
Siswa memerankan drama pendek ahak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi
yang sesuai karakter tokoh melalui kegiatan ceramah, latihan, dan demontrasi.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk berlatih kembaii memerankan drama yang lain.
Alat Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, Naskah drama,
dan Standar Isi 2006
Fenilaian Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh!
Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah , Guru Kelas



……………………….. ……………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 15
AlokasiWaktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan mernbaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : IVlembandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas..
Iridikator :
Membaca dua teks yang bertema sama
Menjelaskan garis besar isi teks.
Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.
Tujuan Pembelajaran : Sisvva dapat membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas.
Materi Ajar : Berbagai teks
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru rnengadakan apersepsi dengan car a mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. ' •
Kegiatan inti
Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan
Siswa menjelaskan garis besar isi teks melalui kegiatanlatihan dan penugasan.
Siswa membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan
penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar. i
Sisvva diberi tugas Qntuk membandingkan dua teks sebagai umpan balik.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga,
Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay . '
Instrumen
Bacalah dua teks yang bertema sama ! Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca ! Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya !
Mengetahui . ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………… …………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 16
AlokasiWaktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telefon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalu membaca memindai Indikator :
Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi Menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam benguk bagan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya
dengan tepat.
Materi Ajar : Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon,
ensklopedia. Metode Pembelajaran : tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan
tanya jawab dan penugasan.
Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan meialui
kegiatan latihan dan penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas menjelaskan jadwai kegiatannya di rumah masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B
PT Erlangga, serta Standar isi 2006. Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalarn bentuk uraian atau narasi !
Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !

Mengetahui ………………………200..
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………… ………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 17
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator :
Mengidentifikasi isi cerita anak;
Menjelaskan isi cerita anak.
Menyimpulkan isi cerita anak.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapatMenyirnpulkan isi cerita anak
Materi Ajar : Cerita anak.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : I Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa mengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menjelaskan isi cerita anak melalui kegiatan cerarnah dan penugasan.
Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.

Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B
PT Erlangga, Teks cerita dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba identifikasi isi cerita anak !
Jelaskan isi cerita anak di atas !
Buatlah kesimpulan dari isi cerita anak !

Mengetahui .............. .....................200..
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………….. …………………….
Rencana Peiaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 18
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator :
Menulis pokok-pokok isi buku.
Menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat.
Pembelajaran : Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Materi Ajar : Buku pengetahuan dan cerita.
Metode Pembelajaran : ceramah,.. tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-
cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam
beberapa kalimat.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, :
PT Erlangga, serta Standar Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
Tu!islah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!
Mengetahui .............. ...............200......
Kepala Sekolah Guru Kelas




…………………………. ……………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan\Ke : 19
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dala
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Indikator :
Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) Memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik.
Pembelajaran : Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
Materi Ajar : Sistemaiika penyusunan laporan.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motiyasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui
kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik
melalui kegiatan tanya jawab, diskusi dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan hasil laporan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, dan Standar
Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) !
Coba perbaiki tuiisan berdasarkan rnasukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik !
Mengetahui .............................200......
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………. ……………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertuiis dalam
bentuk ringkasari", laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
Indikator :
Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman. :
Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
Pembelajaran : Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Materi Ajar : Puisi.
Metode Pembelajaran : ceramah, latihan, penugasan ;
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran . siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi. » Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. Kegiaian Inti
Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan
Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
melalui kegiatan latihan dan penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan terna yang lain sebagai pengayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, Naskah puisi,
dan Standar Isi 2006. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Tentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat!
Mengetahui .............................200......
Kepala Sekolah Guru Kelas




………………………. ……………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan
Indikator :
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dengan runtut. Memberikan kornentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan
komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun.
Materi Ajar : Peristiwa yang terjadi di sekolah.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di
sekolah.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran. Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan
ceramah dan tanya jawab.
Siswa memberikan kornentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui
kegiatan tanya jawab dan latihan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya
dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, dan Standar Isi
2006. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut!
Berikan kornentar atau saran dengan aiasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa
yang terjadi di sekoiah !

Mengetahui .............. .....................200..
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………….. …………………….
Rencana Peiaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua) . .
Pertemuan Ke : 22
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) Indikator :
Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya
Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung Menentukan tema cerita
Menentukan amanat yang terkandung dalam cerita Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita
pendek dengan bahasa sendiri.
Materi Ajar : Cerita pendek anak
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-iangkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan rnenyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersarna-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mendengarkan cerita.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya melalui kegiatan tanya jawab dan ceramah Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung melalui kegiatan latihan dan penugasan.
Siswa menentukan tema cerita melalui kegiatan iatihan dan penugasan :
Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.
Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan
penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi cerita yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, Naskah Puisi,
dan Standar Isi 2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen,
Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya !
Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
Tentukan tema ceritanya !
Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !

Mengetahui .............. .....................200..
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………….. …………………….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafaL intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
tepat. Indikator :
Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
sesuai dengan karakter tokoh.
Tujuan Pembelajaran : Sisvva dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Materi Ajar : Drama pendek
Metode Pembelajaran : Ceramah, iatihan, demontrasi
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca teks drama pendek.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. '
Kegiatan Inti '••
Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melalui kegiatan Iatihan dan
demontrasi.
Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi
yang sesuai karakter tokoh melalui kegiatan ceramah, Iatihan, dan demontrasi. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, Naskah drama,
xdan Standar Isi 2006 Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai
karakter tokoh!
Mengetahui .............. ........................ 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………….. …………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 24
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
Indikator :
Membaca dua teks yang bertema sama
Menjelaskan garis besar isi teks.
Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas.
Materi Ajar : Berbagai teks
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awa!
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengacc°n kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan : Siswa menjelaskan garis besar isi teks melalui kegiatanlatihan dan penugasan.
Siswa membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan
penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk membandingkan dua teks sebagai umpan balik.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga,
Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Bacalah dua teks yang bertema sama ! Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca ! Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya !
Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas





…………………………… ………………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemiian Ke : 25
Alokasi Waktu : 3 X 35
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telefon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalu membaca memindai
Indikator :
Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
Menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi
Menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam benguk bagan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya
dengan tepat.
Materi Ajar : Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon,
ensklopedia.
Metode Pembelajaran : tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan. j
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. !
Kegiatan Inti
Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi rnelalui kegiatan
tanyajawab dan penugasan.
Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan rnelalui kegiatan latihan dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, serta Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi ! Tuliskan jadwal perjalanan kereta
api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !
Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas





…………………………… ………………………………

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Perternuan Ke : 26
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator : : ;
Mengidentifikasi isi cerita anak. Menjelaskan isi cerita anak. Menyimpulkan isi cerita anak.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Menyimpulkan isi cerita anak
Materi Ajar : Cerita anak.
Metode Pembelajaran : ceramah, ta'nya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta diianjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa mengidentifikasi isi cerita anak melaiui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menjelaskan isi cerita anak melaiui kegiatan ceramah dan penugasan.
Siswa menyimpulkan isi cerita anak melaiui kegiatan ceramah dan penugasan
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, Teks cerita dan Standar isi 2006.
Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba identifikasi isi cerita anak !
Jelaskah isi cerita anak di atas !
Buatlah kesimpulan dari isi cerita an'ak !
Mengetahui .............. ................200.....
Kepala Sekolah Guru Kelas





……………………. ……………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator :
Menulis pokok-pokok isi buku. : .;
Menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat. ]
Pembelajaran : Siswa dapat rneringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Materi Ajar : Buku pengetahuan dan cerita.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan 'rnotivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-
cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran. Kegiatan Inti
Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam
beberapa kalimat.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B,
PT Erlangga, serta Standar Isi 2006. Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
Tuiislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!
Mengetahui .............. ................... .....
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………….. ………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta seeara tertulis dalam
bentuk ringkasan, iaporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menuiis puisi bebas dengan piiihan kata yang tepat
Indikator :
Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman.
Menuiis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan piiihan kata yang tepat
Pembelajaran : Siswa dapat menulis puisi bebas dengan piiihan kata yang tepat
Materi Ajar : Puisi.
Metode Pembelajaran : ceramah, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan saiah satu lagu wajib nasional seeara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan
Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan piiihan kata yang tepat
melalui kegiatan latihan dan penugasan' Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagai pangayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, Naskah puisi, serta Standar Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Piiihan ganda, isian, dan essay
Instrumen ;
Tulislah Gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan piiihan kata yang tepat!
Mengetahui .............. ...................200......
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………… ……………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi cli sekitar yang disampaikan
secara lisan Indikator :
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dengan runtut. Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan
komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun.
Mated Ajar : Peristiwa yang terjadi di sekolah
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasiona! secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan rnotivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan
ceramah dan tanya jawab.
Siswa memberikan komejitar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui
kegiatan tanya jawab dan istihan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya
dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, dan Standar Isi
2006. Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut!
Berikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa
yang terjadi di sekolah !
Mengetahui .............. .................200....
Kepala Sekoiah Guru Kelas



……………………. ………………….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 30
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) Indikator :
Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sitat-sifatnya
Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung
Menentukan tema cerita
Menentukan amanat yang terkandung daiam cerita
Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita
pendek dengan bahasa sendiri.
Materi Ajar : Cerita pendek anak
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mendengarkan cerita.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya melalui kegiatan tanya jawab dan ceramah. Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung melalui
kegiatan latihan dan penugasan.
Siswa menentukan tema cerita melalui kegiatan latihan dan penugasan
Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.
Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan
penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi cerita yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5, hal. 33-35, PT Erlangga, Naskah Puisi,
dan Standar Isi 2006 Penilaian Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya
Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
Tentukan tema ceritanya
Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !

Mengetahui .............. .....................200..
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………….. …………………….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
tepat. Indikator :
Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh.
Tujuan Pe.mbelajaran : Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Materi Ajar : Drama pendek
Metode Pembelajaran : Ceramah, latihan, demontrasi
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca teks drama pendek.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi
yang sesuai karakter tokoh melaiui kegiatan ceramah, latihan, dan demontrasi.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, Naskah drama,
dan Standar Isi 2006
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh!
Mengetahui .............. ........................ 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………… ………………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 32
AlokasiWaktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
Indikator
Membaca dua teks yang bertema sama
Menjelaskan garis besar isi teks. : :
Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mernbandingkan isi dua teks melalui membaca sekiias.
Materi Ajar : Berbagai teks
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awai
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru.mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan
Siswa menjelaskan garis besar isi teks melalui kegiataniatihan dan penugasan.
Siswa mernbandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan
penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mernbandingkan dua teks sebagai umpan balik.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, :
Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006. :
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Bacalah dua teks yang bertema sama ! Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca !
Bandingkan isi antar teks dengan\memberikan alasannya !
Mengetahui .............. ........................ 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………………. …………………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telefon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalu membaca memindai
Indikator :
Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi Menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam benguk bagan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya
: dengan tepat.
Materi Ajar : Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon,
ensklopedia.
Metode Pembelajaran : tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan
tanya jawab dan penugasan.
Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan rnelalui
kegiatan latihan dan penugasan. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B
PT Erlangga, serta Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Piiihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
Jelaskan jadwal perjalanan"kereta api dalam bentuk uraian atau narasi !
Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !
Mengetahui ...................................... 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas





…………………………… ………………………………


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 34
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahamf teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas Indikator
Membaca dua teks yang bertema sama
Menjelaskan garis besar isi teks.
Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat rnembandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas.
Materi Ajar : Berbagai teks
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan
Siswa menjeiaskan garis besar isi teks melalui kegiatanlatihan dan penugasan.
Siswa rnembandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan
penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk rnembandingkan dua teks sebagai umpan balik.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga,
Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Bacalah dua teks yang bertema sama !
Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca !
Bandingkan isi aniar teks dengan memberikan alasannya !
Mengetahui .............. ........................ 200...
Kepala Sekoiah Guru Kelas



…………………………. ………………………….
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 35
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telefon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan
melalu membaca memindai
Indikator :
Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
Menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi
Menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam benguk bagan.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya
dengan tepat.
Materi Ajar : Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon,
ensklopedia.
Metode Pembelajaran : tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu waji'o nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan
tanya jawab dan penugasan.
Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan melalui
kegiatan latihan dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B, PT Erlangga, serta Standar isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Piiihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi ! Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !
Mengetahui .............. ........................ 200...
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………….. …………………………..

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Indikator :
Mengidentifikasi isi cerita anak. Menjelaskan isi cerita anak.
Menyimpulkan isi cerita anak.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Menyimpulkan isi cerita anak
Materi Ajar : Cerita anak.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran
Kegiatan Inti
Siswa mengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Siswa menjelaskan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan.
Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar. Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B
PT Erlangga, Teks cerita dan Standar isi 2006. Penilaian Teknik
Tes dan non tes Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Coba identifikasi isi cerita anak !
Jelaskan isi cerita anak di atas !
Buatlah kesirnpuian dari isi cerita anak !
Mengetahui .............. ...............200.....
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………… ……………………….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) 12 (dua)
Pertemuan Ke : 37
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Indikator :
Menulis pokok-pokok isi buku.
Menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat.
Pembelajaran : Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Materi Ajar : Buku pengetahuan dan cerita.
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, iatihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-
cerita anak.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan iatihan.
Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam
beberapa kalimat.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B PT Erlangga, serta Standar Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Tulislah pokok-pokok dari isi buku ! . Tulislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat !
Mengetahui .............. .........................
Kepala Sekolah Guru Kelas



……………………. ………………………..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke : 38
AlokasiWaktu : 2 X 35 menit

Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Indikator :
Menentukan gagasan pokok berdas&rkan pengalaman.
Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
Pembelajaran : Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Materi Ajar : Puisi.
Metode Pembeiajaran : ceramah, latihan, penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran : Kegiatan Awa!
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa.menyiapkan catatan untuk menulis puisi
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan inti
Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melaiui kegiatan ceramah dan latihan
Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
melaiui kegiatan latihan dan penugasan
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagai pangayaan.
Alat/Bahan/Sumber Beiajar : Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Keias 5B, PT Erlangga, Naskah puisi, serta Standar Isi 2006.
Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Pilihan ganda, isian, dan essay Instrumen
Tulislah Gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat!
Mengetahui .............. .............200........
Kepala Sekolah Guru Kelas



…………………. ……………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar