Kamis, 28 Oktober 2010

RPP

Sekolah
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Pertemuan :
Hari / Tanggal :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar : 1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
KPK dan FPB.
Indikator : * Menjelaskan arti FPB dan KPK.
* Menentukan FPB dari suatu bilangan.
* Menentukan KPK dari suatu bilangan.
* Memecahkan masalah sehari – hari yang melibatkan FPB.
* Memecahkan masalah sehari – hari yang melibatkan KPK.
I. Tujuan : 1. Peserta didik dapat menentukan KPK dan FPB menggunakan fakta
faktorisasi prima.
2. Dapat memecahkan masalah sehari hari yang berkaitan dengan
KPK dan FPB.
II. Materi Ajar : Operasi hitung KPK dan FPB.
III. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah.
IV. Langkah - Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
Apersepsi : 1. Guru melakukan Tanya jawab tentang bilangan prima.
2. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan di
lakuakan.
B. Kegiatan Inti :
1. Secara klasikal guru menjelaskan tentang KPK dan FPB.
2. Guru mendemonstrasikan cara menentukan KPK dan FPB.
3. Guru mendemonstrasikan cara menentukan FPB menggunakan faktorisasi prima.
4. Siswa mendemonstrasikan cara menentukan KPK dan FPB di papan tulis.
5. Siswa mengerjakan soal - soal latihan.
6. Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C. Kegiatan Penutup :
1. Guru melakukan refleksi dan pemantapan tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Tindak lanjut yaitu siswa di beri tugas PR.
Pertemuan II
A. Kegiatan Awal
1) Guru melakukan apersepsi yaitu Tanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya.
2) Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan kegiatan belajar yang akan di laksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Secara klasikal guru menjelaskan tentang masalah sehari - hari yang dapat dipecahkan
dengan KPK dan FPB.
2. Guru memberikan contoh permasalahan dan mendemonstrasikan cara pemecahannya.
3. Siswa mendemonstrasikan cara pemecahan masalah sehari - hari dengan bantuan alat peraga manik - manik.
4. Siswa menyelesaikan soal - soal cerita KPK dan FPB.
5. Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah di tentukan.
C. Kegiatan Penutup
1. Guru melakukan rfleksi dan pemantapan tentang pembelajaran yang telah di tentukan.
2. Tindak lanjut yaitu siswa diberi tugas rumah untuk menyelesaikan soal soal cerita KPK dan FPB.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar.
a. Alat : Manik - manik.
b. Sumber Belajar : Buku Matematika SD Kelas V
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
a. Penilaian Formatif
- Tes Tertulis.
2. Instrumen Penilaian
Daftar Pertanyaan
Lengkapi Tabel Berikut
I
No Bilangan I Bilanagan II FPB
1. 18 30 ……
2. 12 48 ……
3. 6 10 ……
4. 24 32 ……
5. 8 20 ……
6. 12 16 ……
7. 45 60 ……
8. 12 20 ……
9. 6 9 ……
10. 28 36 ……
……

II
No Bilangan I Bilanagan II KPK
1. 6 9 ……
2. 8 9 ……
3. 18 28 ……
4. 50 95 ……
5. 5 15 ……
6. 6 18 ……
7. 8 20 ……
8. 12 20 ……
9. 5 45 ……
10. 8 12 ……
……

JAWABAN
I. II.
1. 6 1. 18
2. 12 2. 72
3. 2 3. 84
4. 8 4. 450
5. 4 5. 15
6. 4 6. 18
7. 15 7. 40
8. 4 8. 60
9. 3 9. 45
10. 4 10. 24

Kriteria : Jawaban Betul x 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar